Apel Pagi Rutin USU

HUMAS USU – Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.A., Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Kealumnian Universitas Sumatera Utara (USU), memimpin apel pagi rutin di halaman Biro Rektor pada Senin, 1 Juli 2024. Dalam amanatnya, Dr. Edy mengucapkan terima kasih kepada seluruh sivitas akademika atas dedikasi mereka selama semester genap 2023-2024.

“Mudah-mudahan jadi amal jariyah untuk bapak ibu semua,” ucap WR I.

Tantangan dan Persiapan Semester Baru

Menjelang semester baru yang akan dimulai pada pertengahan Agustus, Dr. Edy Ikhsan menyampaikan bahwa tanggung jawab dan beban kerja akan meningkat. Beliau mengimbau seluruh sivitas akademika untuk mempersiapkan diri dan menyelesaikan tanggung jawab yang ada dalam kurun waktu dua bulan ini.

Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran

WR I menyoroti beberapa hal penting yang perlu diselesaikan di berbagai satuan kerja, termasuk lembaga inovasi kurikulum dan pembelajaran. Saat ini, baru sekitar 40% program studi yang telah menyelesaikan kurikulum Outcome-Based Education (OBE), sementara 60% sisanya masih dalam proses. WR I meminta tim lembaga inovasi kurikulum untuk segera memetakan langkah-langkah dan membuat jadwal yang lebih terencana.

“Untuk mulai memetakan jalan dan membuat jadwal yang lebih terencana untuk menyelesaikan itu,” ujar WR I.

Persiapan Badan Penjaminan Mutu

Di Badan Penjaminan Mutu (BPN), upaya sedang dilakukan untuk mempersiapkan visitasi lapangan dari asesor untuk 16 program studi yang akan diproyeksikan menjadi program studi internasional. WR I juga meminta BPN untuk mengawal penyelesaian sejumlah peraturan rektor akademik di semua jenjang pendidikan.

“Oleh karena itu kami meminta juga kepada BPN untuk bisa memilah-milah atas sumber daya yang ada dan kemudian melihat satker (satuan kerja) yang di bawah wakil rektor 1 untuk bisa berkolaborasi,” kata WR I.

Kolaborasi untuk Kebijakan Akademik

Wakil Rektor I juga menekankan pentingnya kerjasama antara Direktorat Pengembangan Pendidikan dengan BPN untuk menyelesaikan kebijakan turunan, mengingat banyaknya SK rektor yang harus disiapkan. Kebijakan-kebijakan ini merupakan mandatori yang harus diselesaikan agar peraturan akademik dapat dijalankan dengan baik.

“Terlalu banyak SK rektor yang harus disiapkan dan itu segera dicatat dengan baik mana-mana saja keputusan rektor yang merupakan mandatori yang harus diselesaikan,” tambahnya.

Komitmen untuk Semester Ganjil 2024/2025

Dengan kerja sama yang baik dan komitmen yang tinggi, WR I yakin tantangan yang ada dapat dihadapi dan tujuan bersama dapat tercapai. Beliau mengajak seluruh staf dan dosen untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya guna menyongsong semester ganjil 2024/2025 dengan penuh semangat dan dedikasi.